SIM singkatan sari sistem informasi manajemen atau Management information system(MIS) adalah sisitem yang direncanakan untuk mengorganisasi dan mempelajari kebutuhan informasu manajemen organisasi dalam sebuah pengambilan keputusan secara strategis. SIM dipergunakan dalam dunia bisnis perusahaan yang bertujuan untuk memperoses data menyimpan sehingga dapat menyimpulkan sebuah keputusan dari hasil analisa dan kemudian disebarkan untuk tujuan yang lebih spesifik.
Berikut contoh SIM untuk manajemen kantor difisi HRD :
SIM Manajemen Kantor
Terdapat 3 aktor yaitu:
1. Pegawai
2. Manager
3. Sekertaris
Definisi
1. Pegawai membuka isi data pegawai dan pribadi
2. Pegawai bisa menginput data pegawai yang digunakan untuk absensi
3. Pegawai bisa melakukan absensi
4. Pegawai bisa melihat aktivitas pegawai
5. Pegawai bisa melihat jadwal, membuat laporan prestasi pegawai, dan membuat permohonan surat
6. Pegawai bisa membaut surat ijin tidak masuk, membuat surat cuti, surat jalan, surat keterangan gaji, membuat surat pengunduran diri namun harus dengan persetujuan dari Manager.
7. Sekertaris menginput penempatan posisi pegawai, menginput jadwal lembuat, menginput prestasi pegawai dan melakukan perekrutan pegawai
8. Manajer Menyetujui/tidak saat Sekretaris melakukan rektur pegawai baru, Menyetujui/tidak saat Sekretaris melakukan rektur pegawai baru.
9. Manager membuat memo, menerima laporan, Menyetujui/tidak saat Sekretaris melakukan input jadwal lembur, Menyetujui/tidak saat Sekretaris melakukan rektur pegawai baru, Menyetujui/tidak saat Sekretaris melakukan rektur pegawai baru.
Komentar : Pembuatan alurnya cukup detail dalam Sistem informasi HRD
SIM WAREHOUSE
Terdapat 4 Aktor yaitu:
1. Admin Gudang
2. Kepala Gudang
3. Supervisor Gudang
4. Staff Operator Gudang
Definisi
1. Admin Gudang melakukan menajemen otorisasi hak akses pada kepala gudang, supervisior dan Staff operator (
2. Staf operator gudang melakukan pencatatan berita acaram barang masuk , barang keluar.
3. Supervisor gudang melakukan pengisisan data stok baRang , mencatat berita, acara, barang masuk. Barang keluar dan Melaporkan aktivitas riwayat harian, mingguan dan bulanan.
4. Kepala gudang Menerima laporan aktivitas riwayat harian, mingguan dan bulanan.
5. Kepala gudang menerima data stok barang
6. Kepala gudang Menerima data sales order
7. Kepala gudang Menerima data pemesanan
Komentar : Pembuatan alurnya kurang detil dan membuatuhkan akses login
3. E-COMMERCE
Terdapat 5 aktor yaitu:
1. Member
2. Admin
3. Manager
4. Supervisor
5. Staff
Definisi
1. Member melihat barang, member tertarik dengan barang , member melakukan pemesanan barang, member membutuhkan registrasi untuk melaukan pemesanan barang tersebut.
2. Staff mengola data barang, memproses data barang . mengecek pemesaann, dan memvalidasi pesanan
3. Supervisior menerima data barang memproses fata barang , mengecek pemesanan dan memvalidasi pesanan, mereport data penjualan , data user, serta proses transaksi. Dan pengiriman barang.
4. Manager menyetujui akses data barang, mereport data penjualan , data user dan proses data transaksi dan pengiriman barang.
5. Admin melakukan menajemen otorisasi hak akses pada Member, supervisor, Staff dan Manager
Komentar : Pembuatan alurnya cukup detail untuk e-commrce
4. Penggajia/ Payroll
Terdapat 4 Aktor yaitu :
1. Secretary
2. Manager
3. User
4. Admin
Definisi
1. Sekertaris menggambil data pegawai dari hrd (<include> dibutuhkan untuk mengambil masa kerja dari HRD untuk menghitung penggajian per pegawai
2. Sekertaris memberi jamainan kesehatan per pegawai
3. Sekertaris membuat laporan pajak dan melaporkan ke dinas pajak
4. Sekertaris menentukan pajak penghasilan per pegawai dengan data yang diperoleh dari HRD
5. Sekertaris memberi tunjangan sesuai dengan jabatan dari data HRD (data pegawai dan masa kerja )
6. Sekertaris memotong gaj pegawai karena pinjam, sekertaris menghitung penggajian perpegawai karena pinjaman
7. Sekertaris menghitung uang makan transport etc dan menghitung penggajian per pegawai
8. Manager memotong gaji karena pinjaman
9. Manager menyetujui penggajian terhadap pegawai
10. Admin meneyetujui penggajian terhadap pegawai
11. User mencetak slip gaji per pegawai
Komentar : Pembuatan alurnya cukup detail untuk penggajian
EmoticonEmoticon