Menghitung Lingkaran Tabung Kerucut Menggunakan Java Inherintance Beserta Code dan Hasi
1. Buat Lingkaran.java
code
package it ;
public class Lingkaran{
private double r ;
public Lingkaran(){
r = 2 ;
}
public Lingkaran(double r2){
this.r = r2 ;
}
public double getR(){
return r;
}
public void setR(double r){
this.r = r ;
}
public double getLuas(){
return Math.PI * r * r ;
}
public double getKeliling(){
return Math.PI * 2 * r ;
}
}
2. Buat Tabung.java
Code
package it ;public class Tabung extends Lingkaran{
private double tinggi ;
public Tabung(double r, double tinggi){
super(r); //mengakses konstruktor parent dengan parameter r
this.tinggi = tinggi ;
}
public Tabung(double tinggi){
super(); //mengakses konstruktor parent yang tidak mempunyai parameter , r=2
this.tinggi = tinggi ;
}
public Tabung(Lingkaran l, double tinggi){
super(l.getR()); //mengakses konstruktor parent dengan parameter r
this.tinggi = tinggi ;
}
public double getTinggi(){
return tinggi ;
}
public void setTinggi(double tinggi){
this.tinggi = tinggi ;
}
public double getVolume(){
return super.getLuas() * tinggi ;
}
public double getLuas(){
return 2*super.getLuas() + super.getKeliling()*tinggi ;
}
}
3. Buat Kerucut.java
Code
package it ;public class Kerucut extends Lingkaran{
private double tinggi ;
public Kerucut(double r, double tinggi){
super(r);
this.tinggi = tinggi ;
}
public Kerucut(double tinggi){
super();
this.tinggi = tinggi ;
}
public Kerucut(Lingkaran l, double tinggi){
super(l.getR());
this.tinggi = tinggi ;
}
public double getTinggi(){
return tinggi ;
}
public void setTinggi(double tinggi){
this.tinggi = tinggi ;
}
public double getVolume(){
return super.getLuas()*1/3*tinggi;
}
public double getSisi(){
return Math.sqrt(((super.getR()*super.getR())+(tinggi*tinggi)));
}
public double getLuasp(){
return Math.PI*super.getR()*(super.getR()+this.getSisi());
}
}
4. Buat Main.java
Code
package it ;
public class Main{
public static void main(String args[]){
Tabung t1 = new Tabung(5,10);
System.out.println("Luas 1 :" + t1.getLuas());
System.out.println("Keliling 1:" + t1.getKeliling());
Tabung t2 = new Tabung(10);
System.out.println("Luas 2:" + t2.getLuas());
System.out.println("Keliling 2:" + t2.getKeliling());
Lingkaran ling1 = new Lingkaran(6);
Tabung t3 = new Tabung(ling1,10);
System.out.println("Luas 3:" + t3.getLuas());
System.out.println("Keliling 3:" + t3.getKeliling());
}
}
5. Buat Main2.java
code
package it ;
public class Main2{
public static void main(String args[]){
Kerucut k1 = new Kerucut(10,24);
System.out.println("Volume Kerucut : " + k1.getVolume()+" cm3");
System.out.println("Luas Permukaan Kerucut : " + k1.getLuasp()+" cm2");
System.out.println("============================================");
Kerucut k2 = new Kerucut(24);
System.out.println("Volume Kerucut 2 : " + k2.getVolume()+" cm3");
System.out.println("Luas Permukaan Kerucut 2: " + k2.getLuasp()+" cm2");
System.out.println("============================================");
Lingkaran ling1 = new Lingkaran(6);
Kerucut k3 = new Kerucut(ling1,10);
System.out.println("Volume Kerucut 3 : " + k3.getLuas()+" cm3");
System.out.println("Luas Permukaan Kerucut 3: " + k3.getKeliling()+" cm2");
}
}
Cara Compail
Penjelasan javac it adalah package (folder) jadi javac memanggil folder it
Hasil
EmoticonEmoticon